10 Kerja Sampingan Online Minim Modal

Pekerjaan online jadi populer hingga sekarang ini. Semula mereka cari kerja sampingan, malah jadi keterusan jadi pekerjaan utama.

Sejak masa pandemi, banyak orang jadi bekerja di rumah secara online. Hikmahnya, banyak pula orang jadi tertarik bekerja secara freelance/lepas, apalagi bagi yang mengalami PHK.  Pekerjaan online pun jadi populer hingga sekarang ini. Semula mereka cari kerja sampingan, malah jadi keterusan jadi pekerjaan utama.

Pekerjaan dengan memanfaatkan jaringa internet secara online, ternyata semakin banyak. Malah, di bidang online shop, banyak pula startup (perusahaan rintisan yan melirik bidang usaha ini. Tapi ada pula yang bisa bekerja secara perorangan dengan mencari celah melalui berbagai situs. Semula sebagian dari mereka hanya mencari ide usaha sampingan, sekarang malah jadi pekerjaan utama dengan kerja dan waktu fleksibel.

Nah, berikut kami sajikan terkait kerja sampingan online. Siapa tahu kamu ternyata punya kemampuan atau bakat dengan lingkup kerja sampingan berikut ini.

photo: courtesy of scrumalliance.org

Menulis

Dewasa ini, banyak perusahaan yang mengincar konten berkualitas tinggi untuk meningkatkan peringkat mereka di mesin pencari (SEO). Nah, jika kamu berbakat dan terampil di bidang tulis-menulis, mungkin ini jalan yang bisa kamu pertimbangkan sebagai penulis freelance.

Jika kamu belum punya portofolio tulisan online yang sudah diterbitkan, jangan putus asa, kamu bisa menawarkan kerja menulis secara gratis untuk membangun portofolio.

Banyak bidang dalam pekerjaan menulis, seperti copywriting. Penulisnya harus menghasilkan konten untuk berbagai publikasi termasuk situs web, buku, majalah, iklan, lagu, televisi, dan skrip film.

Kalau kamu sudah terbiasa menulis, mungkin ada tawaran lainnya untuk jadi editor tulisan. Seorang editor bertugas merencanakan, mengkoordinasikan,  meninjau, dan merevisi konten untuk bermacam publikasi,  seperti: buku, surat kabar, majalah, situs web, dan lainnya. Kalau kamu jadi editor,  tugas lainnya adalah meninjau ide cerita dan menentukan topik  yang menarik bagi pembaca.

 

Penerjemahan Bahasa Asing

Sekarang ini, banyak investor asing yang masuk ke Indonesia, misalnya dari China, Korea, dan Timur Tengah. Tapi lantaran di Indonesia relatif masih kurang penerjemah bahasa negara-negara itu, ketimbang penerjemah bahasa Inggris, jadi ini bisa jadi kesempatan buat kamu mencari pekerjaan sampingan. Syaratnya ya kamu harus menguasai bahasa asing bersangkutan.

Tapi kebutuhan penerjemahan ke Bahasa Inggris masih sangat terbuka lebar meskipun sudah dianggap lazim. Banyak perusahaan di Indonesia yang perlu translator bahasa Inggris untuk menerjemahkan berbagai dokumen, seperti: e-book, e-mail, dan konten situs web.

 

Desain Grafis

Pekerjaan ini juga selalu banyak yang cari. Bahkan kerja sampingan menggarap proyek desain grafis lebih luas jangkauanya, bisa hingga Asia sampai dunia. Berbeda dengan pekerjaan menulis dengan bahasa Indonesia, cakupannya paling banyak di negeri sendiri.

Seorang desainer grafis harus mampu bekerja, minimal menguasai program dasar, seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator untuk membuat grafik untuk berbagai tujuan. Desainer grafis harus bisa membuat logo dan jenis font khusus, tata letak situs web, template e-mail, dan hampir semua visualisasi iklan, yang dibutuhkan klien.

 

Edit Foto & Video

Hampir sama dengan cakupan kerja desain grafis, edit foto dan video pun jangkauannya lebih luas. Kliennya tidak hanya dari Indonesia, bisa saja dari negara lainnya.

Syarat utamanya tentu saja kamu harus menguasai program editing foto dan video. Untuk foto bisa kamu pelajari mislnya, Adobe Lightroom: Photo Editor, Snapseed, atau VSCO: Photo & Video Editor. Sedangkaan untuk video, bisa pakai sofware antara lain: Adobe Premiere Pro, Apple iMovie, Window Movie Maker.

Modal utama untuk pekerjaan ini, minimal kamu harus punya laptop atau desktop kalau pekerjaannya ingin lebih profesional. Tapi sekarang pun pekerjaan ini bisa dilakukan dengan ponsel Android.

 

Admin Media Sosial

Pengusaha kecil maupun besar sering kali membutuhkan bantuan untuk mengelola profil media sosialnya. Banyak dari mereka lebih suka membayar seseorang untuk jadi admin media sosial dengan pembayaran per jam atau per minggu, dibandingkan mereka harus menggaji pekerja media sosial secara penuh waktu.

Pekerjaan ini bisa kamu lakukan di mana saja, asalkan kamu secara reguler mampu mengevaluasi kualitas dan relevansi hasil pencarian, iklan, dan feed berita di situs media sosial, yang kamu tangani.

Tak kalah pentingnya, kamu harus bisa memposting konten menarik yang terkait dengan perusahaan, mengelola permintaan pertemanan, dan memastikan postingan sesuai untuk target audiens di akun media sosial. Ini tentu akan jadi nilai tambah bagi admin media sosial.

 

Menjual Foto

Kamu punya koleksi banyak foto? Atau profesi atau hobimu di bidang fotografi? Mulai sekarang, pilihlah foto-fotomu untuk dijadikan cuan. Pasalnya, ada calon-calon pembeli foto-fotomu di luar sana. Kamu bisa cek situs jual beli foto, seperti: ShutterStock, Adobe Stock, Alamy, atau iStockphoto. Lewat situs-situs ini, kamu bisa menjual foto-foto secara online.

 

Kursus Online

Jika Kamu memiliki keterampilan dan kemampuan yang dapat dipasarkan karena orang lain ingin atau tertarik dengan kemampuan yang kamu kuasai, pertimbangkan saja untuk membuat kursus online.

Kamu bisa jadi tutor atau pengajar yang bisa membantu siswa berbagai tingkat pendidikan. Selain jadi pengajar kursus, kamu juga bisa mengerjakan materi kursus, membantu siswa mempersiapkan ujian dan menjawab pertanyaan. Banyak bidang yang bisa dibikin kursus online, seperti, memasak, desain grafis, bahasa, mata pelajaran tertentu, atau kursus pengembangan diri.

photo: courtesy of www.tigren.com

Dropshipping

Bagi ibu-ibu, sepertinya dropshipping sudah tak asing lagi. Apalagi yang hobinya berbelanja. Nah, kamu bisa juga jadi droshipper. Artinya, kamu jadi orang yang memasarkan produk dari perusahaan tanpa harus punya stok barang.

Beda dengan reseller yang harus punya stok barang dan memerlukan modal, kerja dropshipping biasanya tak perlu modal. Soalnya stok barangnya dikirim langsung oleh produsen ke konsumen. Kamu hanya jadi perantara pemasaran produk tersebut dengan imbalan komisi.

Dropshipping adalah model bisnis yang bagus bagi calon wirausahawan untuk memulai karena mudah diakses. Dengan dropshipping, kamu dapat dengan cepat menguji berbagai ide bisnis dengan budgjet modal terbatas.

 

Jual Pulsa, Kuota & Listrik

Bisnis sampingan ini selisih untungnya sedikit dari setiap transaksi. Tapi perputaran transaksinya relatif sering. Jualan pulsa dan listrik menjamur di mana-mana sampai ke pelosok desa.

Menariknya, tak perlu keterampilan khusus untuk memulai usaha ini, asalkan kamu punya modal secukupnya untuk membeli produk yang dijual dari agen. Kamu bisa berjualan secara online produk ini, setidaknya melalui whatsapp atau media sosial.

 

Affiliate Marketing

Apa itu affiliate marketing?  Ada beberapa sih pengertiannya. Tapi secara sederhana, affiliate marketing adalah hubungan kerjasama dari satu pihak produsen dengan mitra yang bersedia memasarkan produk dari produsen tersebut. Jadi kalau terjun pada usaha sampingan ini, kamu bertindak sebagai affilitor.

Biasanya, untuk membantu proses terjadinya affiliate marketing adalah memanfaatkan situs web dengan media sosial yang terhubung. Ini mirip seperti dropshipping, bedanya cuma teknis pelaksaannya saja dan ketentuan komisinya. Affiliate marketing lebih pada mempromosikan produk, bukan menjual produk.

photo courtesy of medium.com

7 Situs Populer bagi Peminat Kerja Sampingan

Zaman digital serba online ini, peluangmu semakin luas. Kamu bisa mendapatkan uang sebagai pekerja sampingan. Klien kamu tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari berbagai negara. Syaratnya, kamu harus rajin mengulik beberapa situs yang memyediakan pekerjaan online untuk para freelancer.

Nah, dari sekian banyak situs untuk freelancer, berikut adalah 7 situs paling populer dan banyak dikunjungi para pekerja sampingan.

1.Fiverr

Situs ini menyediakan beragam pekerjaan sampingan di bidang digital marketing, pengembangan web, desain grafis, kepenulisan konten, dan media sosial. Platform ini bisa menghubungkan kamu dengan pemilik bisnis yang mencari layanan dalam berbagai proyek atau pekerjaan tadi.

2.Freelancer

Mayoritas proyek kerja sampingan yang ditawarkan situs ini adalah penerjemahan konten, pengembangan web, pemasaran media sosial. Melalui situs freelancer, kamu bisa berkolaborasi secara profesional dengan perorangan atau perusahaan dari seluruh dunia.

3.Toptal

Lingkup kerjanya di bidang software, konsultasi keuangan, dan manajemen produk. Banyak proyek besar bisa kamu buru untuk mendapatkan penghasilan besar pula dengan klien dari berbagai negara.

4.Linkedln

Jenis pekerjaannya meliputi: copywriting, terjemahan, dan desain grafis. Linkedln sudah terkenal di dunia sebagai website pengembangan karier. Pasalnya, LinkedIn termasuk juga platform jejaring sosial bagi para profesional yang terhubung untuk berinteraksi satu sama lain. Jadi, kamu bisa mencari jaringan lebih luas lagi dari situs ini.

5.FlexjobS

Kalau kamu punya kemampun menulis, membuat konten dan pengalihan bermacam teks, kamu bisa pilih Flexjobs. Situs ini pun menyediakan bagi pekerja penuh waktu. Sekarang ini Flexjobs membuka kategori kerja  di bidang pendidikan, pelatihan, dan jurnalisme.

6.Upwork

Lingkup kerja yang ditawarkan Upwork antara lain: brand marketing, pemrograman, desain situs web, pembuatan software, desain grafis hingga layanan pelanggan. Kamu bisa berhubungan dengan klien dari negara lain secara online.

7.Guru

Meskipun nama websitenya guru, bukan berarti kamu harus bekerja jadi guru. Situs ini menawarkan proyek bagi para pekerja lepas di bidang marketing, pemrograman, administrasi, dan desain grafis.

 

Nah, bagaimana kamu tertarik mencari kerja sampingan? Rata-rata bekerjanya dari rumah lho.

Jangan menyerah meski misalnya sekarang kamu sulit cari kerja. Coba saja ikhtiar dengan mencermati usaha sampingan seperti yang kami sajikan pada artikel ini. Semoga bermanfaat.